Kamis, 20 November 2008

TANGAN


Betapa pentingnya tangan dalam kehidupan kita sehingga berbagai hal sering dikatkan dengan tangan. Misalnya:

1. Ringan Tangan
2. Tangan Hampa
3. Tanda Tangan
4. Tangan kanan (andalan)
5. Kaki Tangan (spionase)
6. Ditangani (dihandle)
7. Cuci Tangan (lepas tanggung jawab)
8. Panjang Tangan (pencuri)
7. Tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah
8. Bertepuk sebelah tangan
9. Gatal tangan (keinginan untuk segera menampar/ memukul)

Tangan sarana untuk bekerja, beribadah, berkarya seni, mengamuk, mencuri, menyakiti dan juga mengelus untuk menunjukkan kasih sayang. Tangan ternyata "pandai bicara" dengan bahasanya sendiri. Bahkan seringkali kemampuan berbicaranya lebih fasih dibandingkan mulut.

Oleh karena tangan kadang berbuat baik tetapi sering juga berbuat jahat, maka Rasulullah SAW mengajari kita dalam berwudhu harus membasuh kedua tangan kita. Semua itu dilakukan agar tangan kita selalu bersih dan terjaga dari perbuatan-perbuatan yang salah dan tak diridhai Allah SWT.

2 komentar:

A Husein mengatakan...

Ada yang belum masuk: "Tangan bayi-bayi dimutilasi!" Aduh, Bapake Tama! Saya ngeri melihat gambar itu!

Ajib Setya Budi mengatakan...

Benar bang Hussein. Melalui tulisan ini saya mengajak para pembaca untuk merenungkan istilah tangan dalam keseharian kita maupun dalam al Qur'an maupun al Hadits. Misalnya, ucapan Allah kepada N Musa. "Apa yang ada di tangan kananmu wahai Musa?". Umumnya kita memahami tangan dalam arti harfiah bukan metafornya. Padahal, situasi ayat itu adalah situasi siap perang dengan Fir'aun.
Tangan kanan, bisa berarti andalan. Bandingkan misal dengan istilah US Army yang ada kaitannya dengan tangan/lengan (arm). Begitu juga dalam hadits, "Tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah". Yang pasti istilah "tangan" masih perlu diteliti agar pengertian kita makain "mak nyuuusss".
Matur nuwun komentarnya...